Cara Membuat Nomor Start Balap Drag di Photoshop


Mungkin sudah tidak asing lagi untuk para pembalap atau yang berhubungannya dalam membuat nomor start balap baik itu drag atau balapan lintasan. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial bagaimana cara membuat nomor start balap drag dengan menggunakan photoshop, karena untuk sekarang ini bukan hanya orang yang bergelut di dunia balap motor saja melainkan sekarang banyak stiker nomor start balap yang dijual di toko polet motor.

Dengan begitu sudah pasti banyak orang yang pasti memang sengaja membuat no start balap dan menjadikannya sebuah stiker lalu dipasarkan dan dijual. Anda juga ingin melakukannya dan dijadikan usaha maka Anda perlu tahu Cara Membuat Nomor Start Balap Drag di Photoshop karena dengan begitu Anda bisa membuatnya sendiri dan menjualnya ke teman maupun orang lain yang memesan.

Sebenarnya dalam membuat nomor balap drag bisa dilakukan sesuai kreasi sendiri apabila Anda sudah bisa dalam hal mengedit gambar di photoshop, namun untuk Anda yang belum bisa dan ingin belajar adalah hal yang tepat untuk masuk dan membaca artikel ini. Tutorial untuk membuatnya saya jelaskan kedalam beberapa tahapan supaya memudahkan pemahaman dalam membuat no start balap drag.

Membuat Nomor Start Balap Drag di Photoshop

Sesuai yang dijelaskan sebelumnya pasti setiap orang akan berbeda dalam membuat no start balap drag baik dari aplikasi, tahapannya maupun stylenya masing-masing. Namun untuk saat ini lupakan hal itu dan fokus kedalam tutorial yang akan saya berikan dan Anda tinggal mengikutinya saja.

Membuat Nomor Start Balap di Photoshop

Baik untuk membuat nomor start balap drag di photoshop saya sudah menyiapkan bahan mentahan yang berupa file gambar yang diperlukan dalam tutorial, maka terlebih dahulu unduh file mentahan berikut.

Setelah mempunyai file mentahan yang saya berikan, selanjutnya bisa mengikuti tahapan-tahapan tutorial berikut.

#1. Membuat File Baru

Tahap pertama buka aplikasi photoshop dan buat file baru dengan atau tanpa background dengan ukuran yang diperlukan dengan cara klik pada "File > New", lalu atur nama file, ukuran, background dan lainnya setelah itu klik OK.

#2. Membuat Background Nomor Start Balap

Tahap yang harus dilakukan setelah membuat file baru adalah membuat background untuk nomor start balap yang akan dibuat supaya dengan adanya itu akan terlihat lebih bervariasi. Ikuti langkah-langkah berikut untuk membuatnya.

  1. Buat Bentuk (Shape) baru dengan menggunakan "Rectangle Tool" dan pada keadaan Shape layers buatlah bentuk persegi panjang seperti pada tutorial ini dengan cara Klik, Tahan dan Drag dengan menggunakan tool tersebut.

  2. Membuat Nomor Start Balap Photoshop

  3. Setelah itu kita akan mengubah bentuk persegi panjang tersebut supaya terlihat lebih bagus dan tidak datar. Untuk mengubahnya yaitu dengan cara pilih (select) pada Shape 1 (bentuk background), lalu klik "Edit > Transform Path > Warp" tetapi sebelumnya pastikan pada keadaan Move Tool di shape 1 tersebut.

  4. Membuat Nomor Start Balap Photoshop

  5. Kemudian ubah bentuk background sesuai kreasi atau bisa mengikuti tutorial ini dengan cara Drag pada tanda yang telah ditandai dan setelah selesai bisa klik pada icon Centang untuk OK.

  6. Membuat Nomor Start Balap

  7. Supaya Backround tidak polos maka kita akan memberikan gambar terhadap bentuk background tersebut, buka gambar vektor stripe 1 yang berada pada file mentahan karena kita akan gunakan gambar tersebut sebagai background dengan menyalinnya pada file gambar utama (nomor start).

  8. Baca juga "Cara Menghilangkan Background Foto di Photoshop"

  9. Pada file vektor stripe 1, tekan Ctrl+A untuk memilih semua gambar, lalu tekan Ctrl+C untuk menyalinnya. Kemudian masuk kembali pada file nomor start balap, tempel gambar vektor stripe 1 dengan menekan Ctrl+V maka hasil salinan tadi akan muncul.

  10. Background Nomor Start Balap Photoshop

  11. Lalu lakukan "Clipping Mask" (apa itu?) pada hasil salinan vektor stripe 1 tersebut supaya gambar terbentuk sama dan menyatu dengan bentuk background. Caranya Klik Kanan pada Layer 2 atau layer gambar salinan vektor stripe 1 tadi, kemudian klik Create Clipping Mask dan lihat hasilnya.
Itulah cara membuat background yang menurut saya bagus dan sesuai untuk nomor start balap, lanjutkan ke tahap berikutnya.

#3. Membuat Nomor Start Balap

Setelah membuat backgroundnya maka selanjutnya adalah membuat nomor start balap drag itu sendiri, namun sebelumnya pasang terlebih dahulu font valencia yang ada pada file mentahan di PC/Laptop, bisa juga menggunakan font lainnya yang sesuai dan menurut Anda bagus. Baik ikuti langkah-langkah berikut untuk membuat no start balap.

  1. Pilih "Horizontal Type Tool" layaknya seperti akan membuat kata, gunakan font valencia yang sudah dipasang tadi kemudian Anda ketikan angka kesayangan untuk nomor start balap di motor. Sesuaikan ukuran font, style font apabila dirasa kurang pas.

  2. Cara Membuat Nomor Start Balap

  3. Sama halnya background, supaya angka tidak terlihat polos maka kita akan menambahkan gambar pada tulisan angka tersebut caranya sama, Buka gambar vektor stripe 2 pada file mentahan lalu tekan "Ctrl+A > Ctrl+C" untuk menyalin gambar. Kembali pada file gambar no start dan tekan Ctrl+V untuk menempelkan gambar vektor stripe 2.

  4. Membuat Nomor Start Balap Photoshop

  5. Setelah itu Klik Kanan pada salinan gambar vektor stripe 2 (Layer 3 pada tutorial) dan klik Create Clipping Mask maka gambar akan berada dalam angka/nomor start seperti hasil pada tutorial ini.
Pada tahap ini nomor start balap sudah jadi namun masih mentah, untuk itu kita akan memberikan efek pada nomor start balap dan menambahkan objek gambar lainnya sebagai variasi.

Baca juga "Cara Memotong / Crop Objek Foto di Photoshop"

#4. Memberikan Efek dan Menambahkan Objek

Pada tahap ini saya akan memberikan efek 3 dimensi pada tulisan nomor start dan akan menambahkan objek bendera balap (racing flag) pada gambar nomor start balap.

  1. Pertama saya memberikan efek 3 dimensi pada nomor start sama halnya "Cara Membuat Tulisan 3D di Photoshop Efek Keren" namun kali ini dengan memberikan style Stroke warna putih dan hitam pada layer dan salinan layernya (selang-seling) seperti yang dapat Anda lihat pada hasilnya.

  2. Style Nomor Start Balap

  3. Untuk menambahkan objek bendera balap, Anda Buka gambar flag race yang terdapat pada file mentahan. Seperti biasa tekan "Ctrl+A > Ctrl+C" untuk menyalin gambar tersebut.

  4. Nomor Start Balap Photoshop

  5. Kembali pada file gambar nomor start, kemudian tekan Ctrl+V untuk menempelkan gambar racing flag. Sesuaikan ukuran objek tersebut apabila terlalu besar sampai menurut Anda sesuai, maka jadilah nomor start balap untuk drag motor atau untuk tempelan stiker.
Baca juga "Cara Membuat Efek Long Shadow di Photoshop"

Pada tahap ini sudah selesai, namun Anda juga bisa menambahkan nama pada nomor start ataupun hal lainnya sesuai kreatifitas Anda dalam mengeditnya. Kreasikanlah apa yang ada dalam khayalan Anda sehingga gambar nomor start balap sesuai ekspektasi Anda sebelumnya.

Kesimpulan

Mungkin begitulah tahapan dalam membuat nomor start balap di photoshop, Anda juga bisa mengikuti langkah-langkah pada tutorial apabila ingin membuatnya sesuai yang dibuat BloggARs tetapi Anda juga bisa melakukan caranya sesuai keinginan dan kebiasaan dalam mengedit atau membuat gambar di Adobe Photoshop.

Terima kasih sudah membaca artikel Cara Membuat Nomor Start Balap Drag di Photoshop, semoga dapat bermanfaat.

Related Posts:

0 komentar:

Post a Comment

Beri komentar dengan menggunakan Bahasa yang Baik dan Sopan!
Didalam komentar dilarang mencantumkan link hidup dan apabila Anda melakukannya maka Admin berhak menghapusnya.

Powered by Blogger.