Cara Membuat Pas Foto di Photoshop Lengkap Dari Awal


Artikel kali ini akan menjelaskan bagaimana Cara Membuat Pas Foto di Photoshop Lengkap Dari Awal dengan begitu Anda yang belum bisa dan ingin membuatnya bisa menyimak artikel ini. Sesuai yang saya sebutkan pada tutorial membuat pas foto disini saya menggunakan bantuan aplikasi Adobe Photoshop, software pengedit foto ini merupakan aplikasi populer dan dianggap produk terbaik yang pernah dirilis Adobe System.

Kita kembali ke pembahasan pas foto, biasanya pas foto yang paling banyak dibutuhkan terdiri dari ukuran 4×6, 3×4 dan 2×3 centimeter dengan background sesuai kebutuhan yang biasanya berwarna merah atau biru. Pas foto dibutuhkan oleh seorang yang masih duduk di bangku smp, sma, kuliah maupun orang yang sedang mencari pekerjaan karena pas foto merupakan salah satu persyaratan untuk melamar pekerjaan.

Dalam membuat pas foto di photoshop yang akan saya jelaskan ini akan membuat dalam ukuran 4×6 karena ukuran tersebutlah yang biasanya paling banyak dibutuhkan, sementara untuk ukuran lain yang lebih kecil bisa lebih mudah untuk mengubah ukurannya dan foto tidak akan menjadi pecah karena mengubah ke ukuran yang lebih kecil. Namun sebelum masuk ke penjelasan tutorial sebelumnya Anda harus mengetahui ukuran yang sebenarnya dalam pas foto menurut standar Indonesia.

Ukuran Pas Foto Standar Indonesia

Sebenarnya ukuran pas foto tidak 4x6, 3x4 maupun 2x3 cm tidak benar-benar segitu ukurannya melainkan terdapat berbeda beberapa milimeter dari ukuran standar. Ukuran pas foto standar Indonesia sendiri adalah seperti berikut.

  1. Pas foto 2×3 = 2,2 cm x 3,0 cm
  2. Pas foto 3×4 = 2,8 cm x 3,8 cm
  3. Pas foto 4×6 = 3,8 cm x 5,6 cm
  4. Pas foto 6×9 = 5,6 cm x 8,9 cm
Itulah ukuran yang sebanarnya pada pas foto, tidak seperti yang Anda bayangkan sebelumnya bukan. Sama halnya saya pada awanya ukuran pas foto 4x6 berarti berukuran 4 cm x 6 cm namun ternyata tidak dan yang saya tuliskan diataslah yang benar. Hal ini sendiri saya dapatkan dari artikel yang pernah saya baca sebelumnya.

Persiapan Dalam Membuat Pas Foto

Setelah Anda mengetahui ukuran pas foto yang sebenarnya dalam standar Indonesia, sebelum masuk kedalam tutorial membuatnya terdapat beberapa hal yang perlu dipersiapkan yang memang merupakan alat/bahan yang dibutuhkan dalam membuat pas foto. Berikutlah yang Anda butuhkan dalam membuat pas foto pada tutorial yang akan saya jelaskan.

1. Kamera/Handphone

Ini merupakan yang pertama yang dibutuhkan sebelum Anda membuat pas foto yaitu Kamera yang berfungsi untuk mendapatkan foto mentah sebelum dibuatnya pas foto. Dalam hal ini disarankan menggunakan kamera yang bermerek dan mempunyai resolusi tinggi dan hasil yang bagus, Anda juga bisa menggunakan Kamera Handphone untuk mengambil foto mentah asalkan tidak buram dan atur dalam kualitas yang bagus.

2. Laptop/PC

Hal kedua yang dibutuhkan adalah Laptop ataupun Personal Computer (PC) yang merupakan alat yang akan digunakan untuk membuat pas foto, dalam hal ini apabila Anda tidak punya lebih baik meminjamnya kepada keluarga atau teman untuk lebih menghemat biaya daripada harus menyewa di warnet.

3. Adobe Photoshop

Pastikan bahwa PC/Laptop yang Anda gunakan terdapat aplikasi pengedit foto Adobe Photoshop, sudah jelas karena melalui bantuan aplikasi inilah kita akan membuat pas foto sesuai yang akan dijelaskan pada tutorial. Anda bisa mendapatkan aplikasi di website resmi Adobe System atau Anda bisa mendapatkannya di website penyedia software.

Ketiga hal yang saya sebutkan diatas merupakan yang wajib Anda persiapkan sebelum membuat pas foto di photoshop, karena itu merupakan alat/bahan yang memang dibutuhkan dalam membuat pas foto.

Cara Membuat Pas Foto di Photoshop Lengkap Dari Awal

Cara Membuat Pas Foto di Photoshop

Setelah terdapat beberapa hal yang dibutuhkan, maka kita sudah bisa masuk kedalam pembahasan tutorial cara membuat pas foto di photoshop. Dalam tutorial yang akan saya jelaskan dalam membuat pas foto akan dibuat menjadi beberapa tahap bagian yang berurutan sehingga mempermudah pemahaman Anda dalam mengikuti tahap-tahapan tutorialnya. Baik langsung saja simak berikut ini tahap-tahap dan langkah-langkah dalam membuat pas foto di photoshop.

#0. Memotret Dengan Kamera/Handphone

Sebelum masuk kedalam tahapan membuat pas foto, terlebih dahulu Anda harus mempunyai foto mentah yang akan dibuat pas foto. Maka dari itu Anda harus memotret diri sendiri dengan bantuan adik, teman atau keluarga dengan menggunakan Kamera maupun kamera pada ponsel. Foto mentah yang diperlukan harus setengah badan keatas atau dari dada keatas untuk lebih bagusnya, lagi layaknya pas foto. Apabila Anda sudah punya akan foto mentahnya maka lewati tahap ini dan langsung ke tahap berikutnya.

#1. Buka File Foto Mentah di Photoshop

Pertama yang harus dilakukan setelah mempunyai file mentah untuk pas foto yaitu membukanya di photoshop karena di aplikasi pengedit foto inilah kita akan membuat pas foto. Untuk langkah-langkah membukanya Anda bisa mengikuti penjelasan berikut ini.

  • Buka aplikasi Adobe Photoshop telsebih dahulu pada PC/Laptop.
  • Setelah pada tampilan photoshop, untuk membuka file foto mentah Anda klik pada "File > Open" atau bisa dengan menekan "Ctrl+O" pada keyboard untuk cara pintasnya.
  • Kemudian cari berkas file pada drive dan folder dimana Anda menyimpannya.
  • Apabila sudah ditemukan, klik pada file foto lalu klik "Open" maka file akan terbuka di photoshop.
Setelah file foto mentah terbuka di photoshop maka waktunya mengedit foto tersebut untuk dibuat pas foto, baca tahapan selanjutnya yang harus dilakukan.

#2. Menghilangkan Background / Memotong Objek Pada Foto

Tahap yang selanjutnya Anda lakukan untuk membuat pas foto di photoshop terdapat dua pilihan yaitu antara menghilangkan background pada foto lalu menambahkan warna baru pada background, namun hal ini tidak saya sarankan karena untuk hasilnya kurang maksimal dan pilihan yang kedua adalah memotong objek pada foto lalu membuat file baru untuk pas foto dan inilah yang paling bagus untuk dilakukan.

1. Menghilangkan Background Pada Foto
Supaya semuanya langkahnya berurutuan, maka terlebih dahulu saya akan membahas cara menghilangkan background pada foto yang mingkin ini sudah biasa dilakukan apabila seseorang ingin mempunyai objek fotonya saja dan menambahkan warna background lain ke foto tersebut. Untuk caranya Anda bisa mengikuti langkah-langkah dibawah.

  • Select pada Foto di Layers Photoshop biasanya berupa Background.
  • Setelah itu Klik Kanan pada "Selection Tools" dan pilih Quick Selection Tool.
  • Kemudian Anda sesuaikan pengaturan tool seperti ukuran kuas, minus selection atau plus selection untuk menSelection background pada foto.

  • Menghilangkan Background Pas Foto di Photoshop

  • Lalu lakukan Selection pada Background foto dengan mempergunakan minus dan plus selection tadi sampai semua background terpilih dengan rapi.
  • Tekan Delete pada keyboard untuk menghapus atau menghilangkan background tersebut dan selesai.
Baca juga "Cara Menghilangkan Background Foto di Photoshop"

Setelah background terhapus, untuk membuat pas foto Anda bisa langsung menambahkan warna background dengan memilih warna dan memberikan warna pada background menggunakan Paint Bucket Tool, namun pastikan bahwa foto tersebut sudah sesuai dengan ukuran pas foto yang akan dibuat. Inilah alasan saya tidak menyarankan hal ini karena apabila foto mentah tidak sesuai dengan pas foto maka hasilnya juga tidak akan seperti pas foto dan tidak rapi seperti yang saya bilang sebelumnya.

2. Memotong Objek Pada Foto
Hal kedua inilah yang saya sarankan karena selain hasilnya bagus dengan melakukan langkah ini Anda bisa menyesuaikan sendiri ukuran pas foto karena membuat file baru dan menambahkan objek foto Anda bukan dari file mentah. Untuk caranya sama halnya dengan menghilangkan yaitu kita mempergunakan Selection Tool, namun bukan background yang dipilih melainkan objek foto itu sendiri atau lebih mudahnya Anda bisa meneruskan langkah diatas dan langsung mengikuti langkah berikut.

  • Apabila Anda sudah mengikuti langkah diatas yaitu menSelection background maka Anda bisa menekan "Shift+Ctrl+I" pada keyboard yang berfungsi untuk membalikan keadaan Selection sehingga yang terpilih adalah objek foto Anda.

  • Memotong Objek Pas Foto di Photoshop

  • Setelah objek foto sudah di selection maka sudah selesai dan Anda bisa memotong objek tersebut dengan menekan "Ctrl+X" atau menyalinnya saja dengan menekan "Ctrl+C" pada keyboard.
Begitulah cara memotong objek pada foto dan cara mengilangkah background pada foto, kedua hal tersebut bisa saling berhubungan karena keduanya merupakan sama-sama memotong namun yang satu adalah memotong background supaya menghilang dan satunya lagi memotong objek pada foto.

Baca juga "Cara Memotong / Crop Objek Foto di Photoshop"

#3. Membuat File Gambar Baru dan Menempelkan Objek Foto

Setelah melakukan tahap-tahap diatas maka tahap selanjutnya adalah membuat file gambar baru dengan background warna untuk pas foto yang akan lalu menempelkan objek foto yang sudah Anda salin/potong pada tahap sebelumnya. Langsung saja ikuti langkah-langkah berikut untuk membuatnya.

  • Pertama untuk membuat file baru adalah dengan cara klik pada "File > New".
  • Maka akan muncul pengaturan file baru yang akan dibuat, karena kita disini akan mencoba membuat pas foto ukuran 4x6 maka untuk ukurannya adalah 3,8 cm lebar dan 5,6 cm tinggi sementara untuk pengaturan berkas lainnya ikuti tutorial ini.
  • Setelah file gambar berhasil dibuat, berikan warna untuk background pas foto. Pilih warna sesuai yang dibutuhkan pada contoh saya memilih warna biru untuk background. Klik pada "Set foreground color" lalu pilih warna biru setelah itu OK.

  • Membuat File Baru Pas Foto di Photoshop

  • Lalu klik pada "Paint Bucket Tool" yang biasanya satu opsi dengan Gradient Tool, kemudian arahkan tool pada background foto dan tekan Klik untuk memberikan warna pada background foto tersebut.
  • Kedua yaitu menempelkan objek foto yang sebelumnya sudah disalin/potong, Anda tinggal menekan "Ctrl+V" pada keyboard maka objek akan tersalin ke foto baru tersebut.
  • Sesuaikan ukuran objek sehingga sesuai dengan background foto tersebut dan terlihat seperti pas foto pada umumnya, selesai.
Setelah foto yang baru dibuat sudah sesuai seperti pas foto pada umumnya, maka Anda sudah bisa langsung menyimpan file dalam mentah maupun file gambar jadi. Namun apabila ingin memberikan efek lainnya seperti mencerahkan objek gambar seperti wajah ataupun kulit maka Anda harus mengeditnya sedikit lagi atau teruskan membaca artikel ini sampai selesai.

#4. Mencerahkan Objek Wajah Pada Pas Foto

Supaya foto Anda pada pas foto tidak terlihat kusam ataupun gelap maka sebaiknya memberikan efek cerah pada wajah itu sendiri atau pada semua objek fotonya saja (background tidak). Untuk mencerahkan objek foto seperti wajah dan hal lainnya Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut.

  • Pilih Dodge Tool yang biasanya bersama dengan 2 tool lainnya yaitu Burn Tool dan Sponge Tool, karena dodge tool inilah yang bisa memberikan efek cerah pada foto/gambar di photoshop.
  • Setelah itu sesuaikan ukuran kuas supaya tidak terlalu besar maupun tidak terlalu kecil untuk dipakai memberikan efek pada objek tertentu di pas foto.

  • Mencerahkan Objek Pas Foto di Photoshop

  • Maka sesudah mengaturnya Anda bisa langsung memekai tool ini dengan cara klik dengan ditahan dan seret pada objek yang ingin dicerahkan di pas foto. Jangan melepaskan klik pada mouse karena apabila dilepaskan dan di tekan kembali maka pencerahan akan terlihas 2 lapisan yang berbeda.
  • Lakukan penahanan klik pada setiap objek yang ingin dicerahkan, Anda juga bisa memberikan efek cerah dengan 2 lapisan pencerahan namun sesuaikan dengan hasilnya supaya terlihat bagus den masih normal (untuk dilihat).
Begitulah cara memberikan efek cerah atau mencerahkan objek pada foto, dengan begitu foto tidak akan terlihat kusam dan gelap. Lakukan pencerahan sewajarnya untuk tetap menjaga hasil dari foto yang akan disimpan.

Baca juga "Cara Mencerahkan / Memutihkan Wajah di Photoshop"

#5. Menyimpan Hasil Pas Foto di Photoshop

Setelah selesai dalam pembuatan pas foto di photoshop maka waktunya untuk menyimpan dari hasil yang sudah dibuat sendiri dengan hanya bantuan pengetahuan yang didapat dari artikel. Dalam tahap ini disarankan untuk menyimpan dalam format mentah photoshop (psd) dan dalam hasil gambar jadi seperti png, jpg dan file format gambar lainnya. Untuk cara menyimpannya Anda bisa mengikuti tahap-tahap berikut.

  • Setelah pas foto selesai, Anda klik pada "File > Save/Save As" untuk menyimpan hasil foto tersebut.
  • Berikan nama file dan pilih format untuk file tersebut, contohnya untuk file mentah photoshop maka Anda pilih format .PSD.

  • Menyimpan Hasil Pas Foto di Photoshop

  • Kemudian klik Save untuk memberikan perintah simpan dan file akan tersimpan di drive dimana Anda menyimpannya.
  • Lakukan kembali langkah diatas untuk membuat file jadi namun pada pemilihan format file, Anda pilih .PNG atau .JPG untuk menyimpan file dalam bentuk foto jadi.
Maka Anda sudah mempunyai dua file pas foto yaitu dalam bentuk mentah photoshop supaya bisa diedit kembali di kemudian hari dan dalam bentuk file jadi untuk dicetak di pencetakan foto.

Tambahan

Terdapat beberapa tambahan dalam artikel yang saya buat supaya lebih lengkap seperti judulnya yaitu beberapa hal berikut yang memang berhubungan dan pengetahuan yang sangat dibutuhkan oleh Anda dalam membuat pas foto sendiri.

A. Mencetak Pas Foto Sendiri

Setelah membuat pas foto sendiri maka Anda juga bisa mencetaknya sendiri dirumah tanpa harus ke pencetakan foto atau studio foto. Namun dalam melakukan hal ini maka terdapat beberapa yang harus Anda persiapkan misalnya alat dan bahan berikut.

  1. Printer
  2. Dalam mencetak foto dirumah sendiri maka sudah tentu Anda membutuhkan suatu pencetak atau lebih dikenal dengan printer (Bahasa Inggris), apabila tidak mempunyai alat ini maka Anda tidak bisa mencetak pas foto dirumah.

  3. Kertas Foto
  4. Mencetak foto tidak hanya membutuhkan printer (alat) melainkan Anda juga membutuhkan kertas foto (bahan) yang akan digunakan untuk mencetak foto tersebut. Anda bisa membeli kertas foto di toko alat tulis kantor (ATK) atau toko buku maupun di tukang foto copy.

B. Mengubah Pas Foto ke Ukuran 2x3, 3x4 dan 4x6

Untuk Anda yang akan mencetak pas foto sendiri di rumah dan memang sudah mempunyai alat dan bahan yang dibutuhkan seperti yang saya sebutkan di point sebelumnya. Maka Anda juga perlu mengubah ukuran pas foto sesuai yang dibutuhkan. Karena dalam tutorial ini pas foto sudah dalam ukuran 4x6 maka Anda hanya perlu mengubah ukurannya ke dalam 2x3 dan 3x4. Untuk mengubahnya Anda bisa melakukan langkah berikut.

  • Klik pada "Image > Image Size".
  • Kemudian atur ukuran foto hanya pada Height saja sesuai ukuran standar dan biarkan untuk width menyesuaikan.

  • Mengubah Ukuran Pas Foto di Photoshop

  • Setelah itu Anda bisa menyimpannya dengan Save As.
Namun apabila Anda tidak berniat untuk mencetak pas foto sendiri maka Anda tidak perlu melakukan hal ini dan langsung saja ke studio foto untuk mencetak dengan memberikan file dengan ukuran 4x6 tersebut maka nanti juga akan di rezise oleh pegawai studio foto ke ukuran pas foto yang Anda butuhkan.

C. Mengubah Warna Background Pas Foto

Mungkin hal ini juga Anda butuhkan yaitu mengubah warna background pada pas foto, seperti halnya membuat SKCK di POLRES maka pasti pas foto diharuskan mempunyai warna background merah dan tidak menyesuaikan tahun kelahiran Anda dan biasanya menjadi patokan warna background pas foto. Hal ini lebih mudah dan rapi apabila dilakukan pada file foto mentah photoshop (psd) yang Anda simpan sebelumnya, langsung ikuti langkah berikut untuk melakukannya.

  • Buka kembali file foto mentah pas foto.
  • Kemudian pilih warna dengan klik pada "Set foreground color" dan pilih warna yang dibutuhkan.
  • Lalu klik pada Paint Bucket Tool untuk memberikan warna pada background.

  • Mengubah Warna Background Pas Foto di Photoshop

  • Klik pada foto untuk menumpahkan warna dan pastikan Anda Select pada background atau layer paling dasar di Layers Photoshop.
  • Maka warna background akan berubah ke warna baru tersebut dan file sudah bisa disimpan dengan klik "File > Save As".
Begitulah cara mengubah warna background pada file mentah pas foto yang sudah dibuat sebelumnya pada tutorial yang terdapat pada artikel ini.

Lengkap sudah tutorial dalam membuat pas foto di photoshop, terima kasih sudah membaca artikel "Cara Membuat Pas Foto di Photoshop Lengkap Dari Awal" ini. Bagikan artikel apabila memang dirasa bermanfaat bagi orang yang membutuhkan.

Related Posts:

0 komentar:

Post a Comment

Beri komentar dengan menggunakan Bahasa yang Baik dan Sopan!
Didalam komentar dilarang mencantumkan link hidup dan apabila Anda melakukannya maka Admin berhak menghapusnya.

Powered by Blogger.