Cara Mudah Membuat dan Setting Subdomain di Blogger


Sekarang saya akan menjelaskan mengenai Cara Mudah Membuat dan Setting Subdomain di Blogger (blogspot), setelah artikel sebelumnya yang menjelaskan bahwa blog BloggARs mempunyai blog demo baru dan sekarang saya akan menjelaskan bagaimana cara membuat subdomain yang dipakai di blog demo tersebut. Hanya dengan bermodalkan satu domain saja Anda sudah bisa membuat subdomain dari domain tersebut yang artinya meskipun Anda tidak mempunyai hosting.

Awalnya saya mencari-cari mengenai hal tersebut, supaya bisa membuat subdomain tanpa mempunyai hosting. Tapi ternyata sangat jarang bahkan susah mendapatkan cara atau tutorialnya karena kebanyakan tutorial membuat subdomain dengan mempunyai hosting sendiri. Mungkin saya hampir sudah malas untuk memcarinya sampai saya menanyakan pada penyedia domain blog yang saya ini yaitu di IDwebhost dan katanya "Untuk membuat subdomain harus mempunyai hosting bapak", kira-kira begitulah jawabannya.

Baca juga "3 Tahap Cara Mengganti Domain BLOGSPOT menjadi Domain TLD"

Namun saya mencoba untuk mencari lagi dan akhirnya saya mendapatkan bagaimana caranya supaya hanya bermodalkan domain saja tanpa harus menyewa hosting. Kemudian saya pun menemukan caranya di http://www.aditya-web.com/ dengan author Aditya Nugroho, meskipun ada sedikit perbedaan dari tutorial yang ada di karena berubahnya pengaturan blogger atau mungkin layanan penyedia domainnya tetapi ini bahkan sangat mempermudah bagaimana cara setting dnsnya.

Cara Membuat dan Setting Subdomain di Blogger (Blogspot)

Cara Membuat dan Setting Subdomain di Blogger

Masuk kedalam pokok pembahasan yaitu bagaimana cara membuat dan setting subdomain di blogger, subdomain sendiri bisa disebut anak dari domain utama misalkan domain Anda adalah domain.com maka bisa membuat subdomain menjadi sub.domain.com. Kira-kira begitulah pengertian singkatnya tentang subdomain, sekarang Anda simak bagaimana cara membuatnya pada penjelasan berikut.

A. Pengaturan Pada Blogger

  1. Pertama Anda harus sudah dalam keadaan login pada Blogger dan pastikan bahwa Anda sudah mempunyai satu domain.
  2. Pada Dashboard Blogger, masuk ke > "Pengaturan" (Settings) lalu > "Dasar" (Basic). Setelah itu klik pada "+ Siapkan URL pihak ke-3 untuk blog Anda" (+ Setup a 3rd party URL for your blog).

  3. Menyiapkan subdomain untuk blogger

  4. Ketikan subdomain sesuai yang Anda riset sebelumnya dengan domain utama blog Anda pada kolom yang ada. Contoh seperti berikut demo.bloggars.com, dan demo tersebut adalah subdomain yang saya buat dari domain utamanya yaitu bloggars.com. Kemudian setelah itu klik "Simpan" (Save).

  5. Memasukan subdomain di blogger
Setelah melakukan langkah-langkah diatas tersebut, maka sekarang kita akan masuk ketahap dimana Anda akan setting DNS pada cpanel domain di penyedia domain yang Anda beli. Semua pengaturan pada cpanel domain sama saja namun karena saya menggunakan IDwebhost maka seperti inilah penjelasannya.

Baca juga "Cara Daftar dan Hosting Javascript dan CSS di GitHub"

B. Setting DNS di Cpanel Domain IDwebhost

  1. Pertama login terlebih dahulu di http://member.idwebhost.com/ atau di Cpanel domain Anda di penyedia domain lainnya.
  2. Lalu setelah login, Anda masuk ke halaman "Domain".

  3. Masuk ke Cpanel Domain Aktif

  4. Pada halaman domain, Anda klik "Kelola Domain" lalu > "Manage Nameserver" untuk memanage domain Anda.

  5. Masuk ke Nameserver Domain

  6. Kemudian pada halaman Managing, klik pada "Alat Pengelolaan" dan masuk ke > "Kelola DNS" untuk setting DNS domain.

  7. Masuk ke Kelola DNS Domain

  8. Pada halaman kelola dns domain, masukan record baru seperti ini. Pada Nama Host masukan Subdomain yang tadi seperti contoh demo, untuk Jenis Records pilih CNAME (Alias), sementara untuk alamat sama dengan www yaitu ketikan seperti ini ghs.google.com dan untuk Priority dikosongkan saja. Setelah semuanya diisi maka klik "Simpan Perubahan" untuk menyimpan record baru tersebut.

  9.  Setting Subdomain untuk Blogger
Setalah Anda melakukan semua langkah-langkah yang saya berikan dalam membuat subdomain di blogger. Maka setelah itu coba Anda untuk mengunjungi blog yang baru dibuat dengan alamat subdomain tersebut. Apabila muncul pesan seperti ini "Blog yang biasanya ada disini saat ini berada di http://sub.domain.com/." Maka blog sudah dialihkan dan cobalah untuk klik pada "Ya" seperti pada gambar apabila belum bisa di akses urlnya maka Anda harus menunggu sampai 24 jam.

Blog dialihkan ke subdomain baru

Apabila keesokan harinya blog dengan alamat subdomain yang baru saja dibuat sudah bisa diakses maka tahapan dalam membuat subdomain dan setting subdomain di blogger sudah berhasil dan sekarang Anda sudah mempunyai blog dengan alamat subdomain yang baru, selamat.

Baca juga "4+1 Tips Yang Harus Dilakukan Setelah Blogspot Menjadi Domain TLD"

Mungkin begitulah artikel saya untuk kali ini yang membahas mengenai "Cara Mudah Membuat dan Setting Subdomain di Blogger", terima kasih sudah mengunjungi BloggARs dan sudah membaca artikel ini. Apabila ada yang belum dipahami Anda bisa tanyakan pada kolom komentar dibawah.

Related Posts:

8 comments:

  1. Pas artikel nya sangat di cari2 soalnya aku ingin buat subdomain sendiro di blogger

    ReplyDelete
  2. wew, kayaknya gampang ya buat dipraktekin

    ReplyDelete
  3. Maksimal bisa sampe berapa sub domain??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk hal tersebut saya juga belum mengetahuinya kang.

      Delete

Beri komentar dengan menggunakan Bahasa yang Baik dan Sopan!
Didalam komentar dilarang mencantumkan link hidup dan apabila Anda melakukannya maka Admin berhak menghapusnya.

Powered by Blogger.