Jangan Beli Domain Murah Sembarangan, Bahaya!!


Sekarang pada artikel ini saya akan membahas mengenai "Jangan Membeli Domain Murah Sembarangan, Bahaya!!", mengapa begitu? Sebelum saya membahas alasannya Anda harus tahu terlebih dahulu apa yang dimaksud pada judul artikel yang saya bahas ini.

Apa Maksud Jangan Beli Domain Murah Sembarangan?

Jangan Beli Domain Murah Sembarangan, Bahaya!!

Nah yang saya maksudkan jangan beli domain murah sembarangan disini adalah janganlah Anda membeli domain dari reseller atau orang yang tidak jelas yang biasanya suka mempromosikan pada forum-forum ataupun grup blogger misalnya di facebook. Suka ada yang mengatakan "Jual domain .com, .net, .info ataupun lainnya 1 tahun harga sama 50k". Nah dan biasanya harganya itu pasti 50k, apabila Anda belum tahu yang dimaksud 50k disini adalah Rp. 50.000 atau biasnya suka bisa lewat pulsa dengan menyebutkan nama operatornya.

Baca artikel sebelumnya "Cara Mengatasi Author dan Deskripsi Blog XXXXX pada Facebook"

Siapa yang Jual Domain Murah Begitu?

Pada pertanyaan inilah yang menjadi permasalahan, mengapa begitu? Karena yang menjual domain murah adalah kebanyakan orang bukan suatu perusahaan. Karena sudah pasti apabila Anda membeli di perusahaan meskipun murah tapi saya yakin keamanannya terjamin. Sedangkan yang saya bahas disini melainkan yang membeli dari orang lagi dan kebanyakan apabila ada masalah pada domain tersebut maka jarang sekali atau bahkan tidak bertanggung jawab atas domain yang dibeli pada dirinya.

Lalu Mengapa Jangan Membeli Domain Murah Seperti Itu?

Sekarang masuk pada pokok permasalahan kenapa jangan membeli domain murah sembarangan? Karena kebanyakan domain yang membeli bukan dari perusahaan seperti IDwebhost, NiagaHoster ataupun perusahaan lainnya. Melainkan membeli dari perorangan yang saya jelaskan tadi, domain yang dibeli baru satu sampai tiga bulan saja sudah tidak bisa diakses dan ditanyakan pada penjualnya pun suka menghilang tidak bertanggung jawab. Saya bicara begini karena banyak teman di facebook yang membeli domain murah pada perorangan dan baru 3 bulan saja sudah tidak bisa diakses seperti yang saya sebutkan barusan.


Namun apabila Anda sudah tanggung membeli domain murah dari perorangan tersebut, ya berdoalah mudah-mudahan domain yang dibeli bisa aktif satu tahun atau sampai waktunya. Tetapi jangan sampai kembali membeli domain pada perorangan.

Baca juga "5 Tips Harus Dilakukan Setelah Posting Artikel"

Tips Tentang Domain

Supaya Anda tidak terjadi seperti masalah diatas yang saya jelaskan, saya mempunyai saran untuk Anda sebelum mau membeli domain untuk blog Anda ataupun yang sudah membeli domain.

1. Domain Itu Penting!

Anda harus ingat Domain untuk blog/website itu sangat penting, karena domain adalah alamat situs Anda dan apabila diibaratkan misalnya alamat rumah dan apabila alamatnya berganti-ganti sudah pasti teman atau orang lain akan pusing mencari Anda karena alamatnya pindah-pindah. Pada domain pun sama apabila Anda membeli domain dari mana saja seperti perorangan maka mungkin hanya akan berguna saat membelinya saja misalnya satu tahun, maka untuk tahun berikutnya belum tentu Anda akan membeli lagi kepada orang tersebut dan apabila orangnya memang masih bisa dihubungi, kalau tidak kan susah.

2. Beli Domain Pada Situs Perusahaan Terpercaya

Apabila Anda akan membeli domain maka beli lah di situs terpercaya ataupun yang berupa perusahaan besar seperti IDwebhost, NiagaHoster dan perusahaan terpercaya lainnya. Karena selain terpercaya, keamanan pun pasti akan terjaga dan apabila ada masalah pun sudah pasti kita hanya perlu komplain ke customer service pada situsnya dan sudah pasti bergaransi karena memang harus bertanggung jawab supaya customer pun senang dan bisa percaya dan memperpanjang domainnya kembali pada perusahaannya.

Baca juga "3 Tahap Cara Mengganti Domain BLOGSPOT menjadi Domain TLD"

3. Perpanjang Domain

Setelah yang saya sebutkan pada poin pertama yaitu domain itu penting, maka dari itu perpanjanglah domain untuk blog/website Anda dan jauhilah untuk berganti-ganti domain. Karena apabila Anda mengganti domain sesuai yang saya sebutkan pada poin pertama apabila berpindah domain (alamat) maka pengunjung pun akan pusing untuk mencari blog/website Anda terlebih lagi apabila tidak diatur untuk otomatis dialihkan ke domain yang baru dan pada pencarian google dan peringkat alexa pun akan terganggu dan menurun drastis. Maka dari itu lebih disarankan untuk terus memperpanjang domain daripada membeli/daftar yang baru lagi.

4. Jangan Pakai Domain TLD Gratis

Ini yang sering terjadi terutama pada seorang blogger pemula yaitu menggunakan domain TLD gratis. Memang dari segi biaya paling pas tapi dari segi kelebihannya hanya mudah diingat dan mungkin sedikit terlihat professional tapi banyak kekurangannya, dimulai dari domain yang sedikit pilihan yaitu .tk, .ga dan lainnya, hanya bisa dipakai 12 bulan (1 tahun) dan apabila server down kita mau protes pada siapa? Dikasih yang gratis saja sudah untung malah pengen protes. Maka dari itu jauh-jauhilah untuk memakai domain yang gratis, Anda boleh menggunakan domain gratis apabila untuk percobaan saja. Ada yang berbayar kenapa harus yang gratis itulah kata-kata yang harus diterapkan.

Kesimpulan

Kesimpulan dari artikel saya kali ini apabila Anda ingin membeli sebuah domain, berhati-hatilah lihat terlebih dahulu tentang orang yang menjual atau perusahaan, latar belakangnya, testimoni, apakah sudah terpercaya atau tidak, aman atau tidak. Itulah yang harus Anda lakukan sebelum membeli domain untuk blog/situs Anda, karena dalam hal ini hanya kepercayaanlah yang kita punya ini. Apabila Anda sudah membeli domain ada hal yang harus dilakukan setelah blog Anda menjadi Domain TLD.

Baca juga "Tips Menulis Artikel Yang Berkualitas dan SEO Friendly"

Begitulah artikel saya kali ini yang membahas mengenai "Jangan Beli Domain Murah Sembarangan, Bahaya!!", apabila Anda kurang setuju dengan artikel saya ini itu tidak apa-apa karena Anda berhak memilih pilihan Anda sendiri. Namun hargailah apabila artikel ini apabila Anda juga seorang penulis. Terima kasih.

Related Posts:

0 komentar:

Post a Comment

Beri komentar dengan menggunakan Bahasa yang Baik dan Sopan!
Didalam komentar dilarang mencantumkan link hidup dan apabila Anda melakukannya maka Admin berhak menghapusnya.

Powered by Blogger.