Cara Daftar dan Memasang Kode Pelacakan Google Analytic


Google Analytic adalah layanan gratis yang disediakan oleh google supaya kita bisa memantau dan menganalisa situs web/blog yang kita punya. Google Analytic bisa meninjau situs kita dimulai dari pengunjung (visitor), tayangan laman, sesi ataupun yang menunjukan trafik web/blog lainnya. Dengan menggunakan google analytic kita bisa menganalisa situs blog yang kita punya dengan begitu akan mempermudah kita dalam mengetahui informasi mengenai trafik blog tersebut.

Cara Daftar dan Memasang Kode Pelacakan Google Analytic

Lalu bagaimana supaya kita bisa menggunakan Google Analytic tersebut? Cukup mudah karena layanannya gratis jadi hanya perlu mendaftakan situs blog yang Anda punya ke layanan google analytic. Nah maka dari itu saya disini akan menjelaskan bagaimana cara mendaftar ke google analytic tersebut supaya bisa menggunakannya.

Artikel kali ini yang saya bahas bejudul Cara Daftar dan Pasang Kode Pelacakan Google Analytic, sesuai judulnya tidak hanya mendaftar saja tapi saya akan menjelaskan bagaimana cara memasang kode pelacakan google analytic ke dalam blog Anda supaya blog terlacak oleh google analytic dan ditinjau. Langsung saja simak penjelasan berikut ini.

Daftar Google Analytic

  1. Pertama Anda kunjungi pendaftaran Google Analytic di https://analytics.google.com/analytics/web/provision/?authuser=0#provision/SignUp/.
  2. Lalu setelah ke halaman pendaftaran google analytic klik "Sign Up" untuk mendaftar.

  3. Cara Daftar Google Analytic

  4. Pada tahap pendaftaran, Anda pilih Website lalu isi data dengan sesuai.

  5. Cara Daftar Google Analytic

    • Account Name, isi kolom ini dengan nama akun yang akan dibuat atau dengan menggunakan nama Blog yang akan didaftarkan.
    • Website Name, isi kolom ini dengan nama website/blog yang akan didaftarkan.
    • Website URL, Anda pilih http atau https apabila blog menggunakan https lalu isi dengan alamat (URL) website/blog pada kolom.
    • Industry Category, pilih kategori yang sesuai atau pilih termasuk kategori apa website/blog yang akan didaftarkan.
    • Reporting Time Zone (Laporan Zona Waktu), sesuaikan lokasi pada contoh saya pilih lokasi Indonesia lalu memilih zona waktu GMT+7 atau biasanya menujukan lokasi Bangkok, Hanoi dan Jakarta.
  6. Setelah semua data sudah diisi Anda baca kebijakan privasi yang diberikan oleh layanan google analytic dan kemudian klik "Get Tracking ID" untuk mendapatkan kode pelacakan untuk dipasang di situs web atau blog.

  7. Cara Daftar Google Analytic

  8. Setelah langkah terakhir pendaftaran atau dengan cara klik Get Tracking ID tadi maka akan muncul halaman yabng berisi kode pelacakan google analytic seperti dibawah untuk dipasang di situs web/blog Anda.

  9. Kode Pelacakan Google Analytic
Kode pelacakan yang harus dipasang di pasang pada web/blog yang didaftarkan tadi berfungsi agar situs web/blog bisa dilacak dan sinkron dengan google analytic. Maka sekarang kita akan masuk ke penjelasan yang kedua mengenai cara memasang kode pelacakan tersebut langsung saja simak berikut ini.

Baca juga "Cara Mendaftarkan Situs Blog ke Google Webmaster Tools"

Memasang Kode Pelacakan Google Analytic

Ada dua cara dalam memasang kode pelacakan google analytic supaya sinkron dengan blog yaitu  dengan memasukan Tracking ID pada web/blog ataupun menggunakan Website tracking yaitu dengan kode script yang harus disimpan pada HTML.

A. Mensinkronkan Google Analytic Melalui Tracking ID

  1. Pertama Anda harus login terlebih dahulu ke blogger.
  2. Pada Dashboard blogger, masuk ke "Setelan" > "Lainnya" kemudian scroll sampai paling bawah maka Anda akan menemukan Google Analytics, masukan Tracking ID yang ada pada tahap kelima pendaftaran pada kolom "ID Properti Web Analytic".

  3. Cara Memasang Kode Pelacakan Google Analytic

  4. Setelah memasukan kode pelacakannya maka klik "Simpan setelan", selesai sudah.

B. Mensinkronkan Google Analytic Melalui Website Tracking

  1. Sama dengan hal diatas Anda harus sudah login ke blogger.
  2. Namun disini pada Dashboard masuk ke "Template" > "Edit HTML" lalu masukan script seperti dibawah ini yang ada pada tahap kelima dalam pendaftaran diantara <head> dan </head>.
  3. <script> (function(i,s,o,g,r,a,m){i['GoogleAnalyticsObject']=r;i[r]=i[r]||function(){ (i[r].q=i[r].q||[]).push(arguments)},i[r].l=1*new Date();a=s.createElement(o), m=s.getElementsByTagName(o)[0];a.async=1;a.src=g;m.parentNode.insertBefore(a,m) })(window,document,'script','https://www.google-analytics.com/analytics.js','ga'); ga('create', 'UA-77281715-2', 'auto'); ga('send', 'pageview'); </script>
    Kode yang berwarna merah adalah kode pelacakan Google Analytic web/blog Anda.
    Namun saya sarankan Anda menyimpan script setelah meta tag atau diatas kode </head> supaya tidak berdekatan dengan meta tag yang ada pada blog.

  4. Setelah itu Anda klik "Simpan template" untuk menyimpannya.
Baca ini juga "Cara Menambahkan Sitemap di Google Webmaster Tools"

Selesai sudah memasang kode pelacakan google analytic pada blog, sekarang blog Anda sudah sinkron dengan layanan google analytic dan mulailah analisa statistik situs web/blog Anda dengan Google Analytic tersebut supaya bisa mempelajari mengenai pembaca situs web/blog.

Begitulah artikel kali ini yang saya berikan mengenai Cara Daftar dan Memasang Kode Pelacakan Google Analytic, saya berharap artikel ini bisa menjadi referensi bagi Anda supaya bisa melakukannya. Sekian dari saya terima kasih sudah membaca artikel ini.

Related Posts:

11 comments:

  1. mantap gan ilmunya ,,, lanjutkan

    ReplyDelete
  2. Silahturahmi..cukup simple ya Mas untuk Tutornya..hee

    ReplyDelete
  3. ini yang saya cari gan, langsung di praktikan gan (y)

    ReplyDelete
  4. gan, tutorialnya bagus, cuman kode yang sudah sya masukan , berwarna merah...kenapa ya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berwarna merah bagaimana? Kalo sudah disimpan biasanya akan berubah karena awalnya tanda kutip '' akan menjadi " atau tanda lainnya akan menyesuaikan.

      Delete

Beri komentar dengan menggunakan Bahasa yang Baik dan Sopan!
Didalam komentar dilarang mencantumkan link hidup dan apabila Anda melakukannya maka Admin berhak menghapusnya.

Powered by Blogger.