3 Tahap Cara Mengganti BLOGSPOT menjadi Domain TLD


Cara Memasang Domain TLD di Blogspot

Alhamdulillah setalah beberapa bulan saya ngeblog akhirnya bisa juga membeli domain .com yang saya inginkan dan sekarang blog ini menjadi bloggars.com seperti yang kita lihat. Sekarang juga saya akan menjelaskan mengenai 3 Tahap Cara Mengganti BLOGSPOT menjadi Domain TLD yang mungkin bisa menjadi referensi bagi Anda yang ingin mengganti domain gratisannya menjadi domain TLD.

Disini saya menggunakan situs penjual domain IDwebhost untuk membeli domainnya. Untuk selengkapnya langsung saja Anda baca dibawah ini.

3 Tahap Cara Mengganti Domain ke TLD

1. Membeli Domain

Tahap pertama yang harus dilakukan adalah membeli domain, seperti yang saya sebutkan kita akan membeli di IDwebhost. Baik langsung saja Anda simak penjelasan berikut mengenai bagaimana cara membeli/mendaftar domainnya.

  1. Pertama Anda kunjungi IDwebhost.
  2. Lalu masukan domain khusus yang Anda inginkan pada kolom yang sudah disediakan dan setelah itu klik "Beli Sekarang >", kemudian klik "Beli Domain Saja".

  3. Register dan Membeli Domain TLD

  4. Setelah itu akan ditujukan pada halaman yang terdapat form Nama Domain, Status (Tersedia/Tidaknya Domain) dan Lama Kontrak. Untuk lama kontrak itu terserah Anda karena nantinya juga bisa diperpanjang dimulai dari satu tahun dan seterusnya. Lalu Anda klik "Order Sekarang »", disini harga cuma Rp. 67.000 karena IDwebhost sedang promo bulan Agustus mulai dari tanggal 20-31.

  5. Register dan Membeli Domain TLD

  6. Kemudian klik "Lanjutkan", untuk "Amankan Kontak Domain" centang bila Anda menginginkan pengamanan tersebut.

  7. Register dan Membeli Domain TLD

  8. Disini kita masuk ke "Ringkasan Pesanan" yang terdapat Deskripsi dan Harga. Klik "Selesaikan Pemesanan »" Masukan kode promosi bila ada/sedang adanya promosi.

  9. Register dan Membeli Domain TLD

  10. Kita masuk ke formulir data pribadi, Anda masukan data pribadi disini sesuai dengan KTP ataupun kartu identitas lain dimulai dari nama, alamat, email dan lainnya. Setelah itu pada "Metode Pembayaran" Anda pilih Bank Transfer ataupun Paypal bila ada, masukan catatan pada form bila perlu dan centang pada Ketentuan Layanan Kemudian klik lagi "Selesaikan Pemesanan »".

  11. Register dan Membeli Domain TLD
Nah lihat email Anda maka akan terdapat email masuk dari IDwebhost yang menyuruh cekout untuk pembayaran domain sesuai yang Anda pesan pada no rekening yang terdapat pada email tersebut, maka lakukanlah cekout. Setelah melakukan cekout biasanya tidak perlu mengkonfirmasi yang artinya otomatis karena pada saat cekout akan diberikan kode unik pada saat transfer bank yang akan dilakukan dan domain akan langsung aktif.

Karena disini domain yang Anda pesan sudah aktif maka yang harus dlakukan adalah Manage DNS supaya domain bisa ditetapkan pada hosting blog dan bisa di akses. Langsung saja Anda simak penjelasan berikut.

2. Manage DNS

  1. Pertama coba terlebih dahulu masukan domain ke blog dengan cara pada Dashboard blogger masuk ke "Setelan" > "Dasar" > "Alamat Blog" lalu klik "+ Siapkan URL pihak ke-3 untuk blog Anda", lalu masukan domain pada kolom yang sudah disediakan kemudian klik "Simpan" maka akan muncul peringatan seperti ini "Kami tidak dapat memverifikasi otoritas Anda untuk domain ini. Kesalahan 14." Nah maka akan muncul kode CNAME untuk blog Anda yang nanti kita butuhkan untuk manage DNS pada domain.

  2. Manage DNS pada Domain TLD untuk Blogspot

  3. Kemudian Anda Login ke member.idwebhost.com, lalu masuk ke "Domain" > "Kelola Domain" > "Manage Nameserver".

  4. Manage DNS pada Domain TLD untuk Blogspot

  5. Nah pada Nameserver kita masuk lagi ke "Alat Pengelolaan" > "Kelola DNS", maka kita akan masuk ke DNS Management (Pengelolaan DNS).

  6. Manage DNS pada Domain TLD untuk Blogspot

  7. Pada DNS Management Anda masukan ke 4 IP Google pada Alamat dengan Jenis Records "A" dan untuk Nama Host cukup masukan "@" sementara untuk Priority kosongkan saja. Masukan secara satu-persatu dengan cara klik "Simpan Perubahan".

  8. Manage DNS pada Domain TLD untuk Blogspot

    Untuk blogspot semuanya sama IP nya yaitu seperti dibawah.
    • 216.239.32.21
    • 216.239.34.21
    • 216.239.36.21
    • 216.239.38.21
    Masih pada DNS Management sekarang kita masukan kedua CNAME yang kita dapat dari tahap pertama tadi.

    Manage DNS pada Domain TLD untuk Blogspot

    Masukanlah CNAME blog Anda seperti ini pada DNS Management domain satu-persatu. Setelah itu klik "Simpan Perubahan".
    Nama Host Jenis Records Alamat Priority
    axuyi6gqehrh CNAME gv-oph7vkkkke4k5f.dv.googlehosted.com -
    www CNAME ghs.google.com -
  9. Setelah semuanya sudah dimasukan maka kita klik "Back" untuk kembali ke Nameserver karena sesuai yang diberikan IDwebhost untuk blogspot kita ubah Nameserver1 menjadi ns1.idwebhost.id dan Nameserver2 menjadi ns2.idwebhost.id, Kemudian klik "Ubah Nameservers.

  10. Manage DNS pada Domain TLD untuk Blogspot
Pada tahap Manage DNS disini sudah selesai dan kita akan masuk ke tahap terakkhir yaitu tahap Memasang Domain Ke Blogspot yaitu dengan cara berikut, simaklah dengan baik.

Baca juga "Cara Mudah Membuat dan Setting Subdomain di Blogger"

3. Memasang Domain

Kita sekarang masuk ketahap terakhir yaitu memasang domain yang sudah aktif dan sudah ubah DNS nya ke host blogger itu sendiri. Langsung saja simak penjelasan berikut ini.

  1. Kita masuk lagi ke blogger, kemudian pada Dashboard blogger masuk ke "Setelan" > "Dasar" > "Alamat Blog" lalu klik "+ Siapkan URL pihak ke-3 untuk blog Anda", lalu masukan domain pada kolom yang sudah disediakan kemudian klik "Simpan" maka akan terpasang, tidak seperti sebelumnya pada saat belun diatus DNS domainnya.
  2. Supaya visitor yang mengetikan domain-anda.com bisa dialihkan www.domain-anda.com, maka Anda harus mengaturnya dengan masuk ke "Alamat Blog" seperti tahap diatas lalu klik "Edit" pada domain kemudian centang pada "Alihkan domain-anda.com ke www.domain-anda.com", lalu klik "Simpan".

  3. Memasang Domain TLD di Blogspot
Baca juga "5 Tips Harus Dilakukan Setelah Blogspot Menjadi Domain TLD"

Nah selesai sudah artikel kali ini mengenai 3 Tahap Cara Mengganti BLOGSPOT menjadi Domain TLD, memang cukup rumit tapi jika Anda menyimaknya dengan benar dan sudah terbiasa mungkin ini menjadi hal biasa yang dilakukan oleh para blogger apalagi blogger yang sudah terkenal. Baiklah sekian dulu untuk saat ini terima kasih sudah membaca artikel ini.

Related Posts:

7 comments:

  1. hehehe.. kebetulan ane sudah pindah ke TLD mas :D

    ReplyDelete
  2. ijin bookmark yah gan.. nanti kalo ane udah belli domain Ne praktekin lah

    ReplyDelete
  3. Ya memang idwebhost terpercaya dan bukan hanya itu kelebihan lainnya sebagai registrar bukan reseller dari luar.

    Saya sendiri udah menggunakan domain tld lima tahun yang lalu. Kalau ada permasalahan juga mereka cepat tanggap malah mereka selalu berusaha membuat kita nyaman.

    Makasih banget tutorialnya karena bermanfaat banget buat yang belum punya domain.

    Terus nih, tahun depan mas dikenakan perpanjangan domain berapa? Karena umumnya, akan menyesuaikan dengan harga normal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget kang setiap pembeli dilayani dengan cepat dan baik customer service pun selalu ada saya juga puas dengan pelayanannya. Iya kembali ke harga normal untuk perpanjangan.

      Delete

Beri komentar dengan menggunakan Bahasa yang Baik dan Sopan!
Didalam komentar dilarang mencantumkan link hidup dan apabila Anda melakukannya maka Admin berhak menghapusnya.

Powered by Blogger.