5 Tips Harus Dilakukan Setelah Posting Artikel


Setelah sekian lama saya tidak membuat artikel untuk dipostingkan di blog ini, sekarang saya akan memberikan tips untuk Anda semua sobat BloggARs. Tips ini merupakan yang harus Anda lakukan setelah Anda mempostingkan sebuah artikel di blog/web yang Anda punya supaya cepat terindeks oleh google tentunya dan dibaca oleh orang lain. Judul tips artikel saya kali adalah 5 Tips Yang Harus Dilakukan Setelah Posting Artikel.

5 Tips yang Harus Dilakukan Setelah Posting Artikel

Tips berikut dapat membantu untuk mempercepat pengindeksan dari pada hanya didiamkan saja setelah kita posting lebih baik Anda ikuti tips ini supaya postingan Anda ada yang membaca sehingga blog Anda mendapatkan pengunjung (visitors). Baik langsung saja Anda simak 5 Tips berikut.

Yang Harus Dilakukan Setelah Posting Artikel

1. Submit URL

Pertama yang harus dilakukan setelah Anda posting artikel di blog adalah submit url ke webmaster tools yang disediakan oleh google yang beralamat di https://www.google.com/webmasters/tools/submit-url, jika Anda tidak tahu linknya dengan begitu google akan mencrawl url tersebut dan mengindeksnya..

Submit artikel Harus Dilakukan Setelah Posting Artikel

Cara submit url di webmaster sangat mudah, Anda tinggal masukan url yang akan di submit ke google ke kolom yang sudah disediakan. Lalu klik pada recaptcha supaya menjadi centang biasanya Anda diharuskan memilih gambar sesuai pernyataan yang diberikan, tahap ini supaya google mengindeks apakah Anda manusia (human) atau robot. Setelah recaptcha sudah centang Anda langsung klik "Submit Request". Dengan Anda mensubmit url Anda ke webmaster itu akan membantu mempercepat pengindeksan google terhadap artikel yang Anda posting.

2. Resubmit Sitemap

Tips kedua yang harus Anda lakukan adalah dengan resubmit sitemap pada webmaster tools blog Anda.

Resubmit Sitemap Harus Dilakukan Setelah Posting Artikel

Dengan cara masuk ke webmaster tools blog Anda, pada Dashboard, Anda langsung masuk ke "Crawl > Sitemaps", kemudian klik sitemap.xml atau sitemap yang ada pada blog Anda, lalu klik "Resubmit" tombol yang berwarna merah di pojok kanan atas Sitemap details, setelah itu refresh page pada halaman tersebut maka url postingan Anda akan sudah ke submit ke sitemap dan Anda tinggal menunggu pengindeksan. Cara ini juga sama fungsinya dengan cara submit url yang bertujuan supaya mempercepat pengindeksan google.

3. Fetch As Google

Tips ketiga Anda lakukanlah Fetch As Google (Ambil sebagai Google) pada url artikel blog Anda supaya googlebot merayapi url yang Anda kirim.

Fetch As Google Harus Dilakukan Setelah Posting Artikel

Cara melakukan Fetch As Google yaitu kita harus masuk terlebih dahulu ke webmaster tools, pada Dashboard, Anda masuk ke "Crawl > Fetch as Google". Nah disitu Anda masukan url pada kolom yang telah disediakan tapi jangan seperti ini "http://www.bloggars.com/2016/08/ternyata-mudah-untuk-mendapatkan-seo-100.html" melainkan harus memasukan seperti ini "2016/08/ternyata-mudah-untuk-mendapatkan-seo-100.html" karena disana telah tersedia untuk nama domainnya didepan jadi tidak perlu memasukan domainnya lagi. Setelah itu Anda klik "Fetch" dan lalu klik "Submit to Index" pada url yang telah di fetch, kemudian disini Anda bisa memilih antara Crawl only this URL (Hanya merayapi URL ini) atau Crawl this URL and its direct links (Merayapi url ini dan semua link yang ada pada artikel tersebut). Langkah ini juga berfungsi supaya url postingan di blog cepat terindeks oleh Google karena dengan dirayapinya oleh googlebot.

4. Share to Social Media

Langkah yang selanjutnya yaitu Share to Social Media (membagikan artikel ke sosial media) dimulai dari Google+, facebook, twitter dan sosial media lainnya.

Tips Harus Dilakukan Setelah Posting Artikel

Dengan membagikannya sebuah artikel atau postingan ke sosial media maka dapat maraih visitor yang ada pada sosial media tersebut sehingga artikel tersebut lebih banyak lagi yang membaca selain dari google, apalagi artikel tersebut banyak yang membagikannya lagi sehingga meluas di sosial media tersebut. Anda bisa membagikannya pada grup-grup tertentu yang sesuai dengan isi dari artikel tersebut supaya banyak yang membaca karena sama minatnya. Apabila Anda tidak punya waktu untuk share ke sosial media, Anda bisa membaca artikel ini Cara Postingan Blog Terkirim Otomatis ke Sosial Media Facebook dan ini Cara Postingan Blog Terkirim Otomatis ke Sosial Media Twitter dengan cara tersebut Anda tidak perlu melakukannya secara manual karena otomatis dikirim sesuai dangan judulnya.

5. Submit ke Social Bookmarking

Untuk tips terakhir Anda submit artikel ke sosial bookmarking supaya mendapatkan vistitor dari situ. Sekarang sudah banyak sosial bookmark di Indonesia antara lain bookmarkindonesia.com, log.viva.co.id ataupun yang lainnya yang dofollow dan mempunyai page rank tinggi. Dengan mensubmit artikel ke sosial bookmark kita juga bisa mudah mendapatkan backlink dari situs sosial bookmark tersebut. Anda bisa lihat disini daftar situs sosial bookmarking yang mempunyai page rank tinggi maupun tidak.

Begitulah 5 Tips Harus Dilakukan Setelah Posting Artikel yang saya sarankan. Saya senang bila Anda bisa memberikan tambahan untuk artikel mengenai yang harus dilakukan setelah posting artikel ini. Sekian dari saya terima kasih sudah membaca artikel ini.

Related Posts:

21 comments:

  1. Wow, ternyata sitemap juga resumbitya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan secara manual supaya cepat terindeks.

      Delete
  2. waw info bermanfaat sekali ini, aku biasanya hanya submit artikel paling banter pakai facebook jarang pakai social bookmark selebihnya ga terapin kecuali ke 3 itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih bagus lebih banyak gtu aja sih,, hhee

      Delete
  3. tambah ilmu nih. ane selama ini baru social bookmark, social media, sama submit ke google. makasih infonya gan. bookmark dulu deh.

    ReplyDelete
  4. Sangat bermanfaat...jadi ingin melakukannya...

    ReplyDelete
  5. yang ke 2 emang harus di submit tiap habis post ? bukannya otomatis ya ? terus yang ke 5 belum pernah coba nih , makasih infonya gan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang sudah otomatis gan namum biasanya harus menunggu sampai satu atau dua minggu untuk keindeks, seperti ang saya sebutkan dilakukan secara manual supaya mempercepat pengindeksan. :)

      Delete
  6. Silahturahmi pagi sambil baca² artikelnya Mas Asep..heee

    ReplyDelete
  7. Sepertinya langkah terakhir nih yang belum pernah saya terapkan , mesti saya coba nih gan . thanks infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dicoba gan lumayan mendapatkan visitor lainnya.

      Delete
  8. Sebetulnya untuk poin 1, 2 dan 3 hanya dilakukan salah satunya aja. Kalau setelah menanam backlink, saya menggunakan point 1. Namun untuk artikel, saya hanya menggunakan poin 3. Hanya butuh waktu kurang 1 menit, artikel sudah terindex oleh mbah google.

    Begitupun jika setelah menanam backlik, kalau situsnya memiliki otoritas yang baik di mata google, kurang 1 menit juga backlink sudah terindeksi. Tapi kalau situsnya biasa-biasa saja, terkadang 1,2 hari pun belum tentu terindeksi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Artikel tips yang dilakukan setelah posting artikel ini bisa dijadikan sebagai acuan/referensi karena setiap blogger pasti punya cara tersendiri.

      Juga memang begitulah situs kita juga harus sudah diakui google setidaknya sudah dikenali untuk mendapatkan hasil yang memuaskan dari cara yang dilakukan diatas.

      Delete

Beri komentar dengan menggunakan Bahasa yang Baik dan Sopan!
Didalam komentar dilarang mencantumkan link hidup dan apabila Anda melakukannya maka Admin berhak menghapusnya.

Powered by Blogger.