Cara Membuat Thumbnails (Cuplikan) Video Menggunakan Media Player Classic


Membuat cuplikan video atau film akan sangat berguna untuk memperlihatkan klip-klip yang terdapat video, sehingga membuat orang menjadi penasaran untuk melihat film tersebut. Cuplikan tersebut berupa gambar yang terdapat beberapa cuplikan yang terdapat pada video tersebut. Sama halnya Trailer namun ini berupa gambar saja bukan bagian videonya.

Biasanya gambar cuplikan video suka terdapat pada situs-situs download film ataupun animasi jepang (anime), dan ini sangat berguna untuk dijadikan gambar thumbnail pada postingannya sehingga membuat pengunjung menarik untuk ditonton dan diunduh.

Membuat Cuplikan Video Menggunakan Media Player Classic

Pada artikel kali ini saya akan memberikan ilmu sedikit mengenai cara membuat cuplikan video dengan menggunakan aplikasi Media Player Classic Home Cinema atau K-Lite Codec Pack beserta gambar tutorial untuk memudahkan pemahamam Anda.

Sebenarnya cukup mudah untuk membuat cuplikan video dengan Media Player Classic ini namun tetap saja apabila anda tidak tahu caranya mau gimana lagi, kecuali Anda suka mengoprek atau mencoba segala hal dengan otodidak. Sebelum membahas tutorialnya ada 2 hal yang harus Anda persiapkan untuk membuat cuplikan video.

Hal yang Dipersiapkan Untuk Membuat Cuplikan Video

Sesuai yang saya sebutkan, untuk membuat suatu cuplikan dari video, Anda memerlukan beberapa hal berikut ini.

  1. Software Media Player Classic Home Cinema atau K-Lite Codec Pack, tentu karena kita disini akan menggunakan aplikasi tersebut dalam membuat cuplikannya. Untuk mendapatkan software Anda bisa mengunjungi website resminya yang beralamat di https://www.codecguide.com/download_kl.htm.
  2. Satu video atau film, ini hal kedua yang harus dipersiapkan adalah video atau filmnya yang akan Anda buat cuplikan gambar.

Itulah 2 hal yang harus dipersiapkan sebelum Anda melakukan tutorialya dan baiklah langsung simak saja penjelasan caranya dibawah ini.

Baca juga "Cara Instalasi K-Lite Codec Pack Beserta Gambar"

Membuat Cuplikan Video

Masuk dalam pokok pembahasan yaitu membuat cuplikan video dengan menggunakan media player classic, *untuk memperbesar gambar kalian tinggal klik pada gambar tersebut.

  1. Pertama Anda cari terlebih dahulu video atau film yang akan dibuat cuplikannya, kemudian "Klik Kanan" lalu "Play with MPC-HC" seperti pada contoh saya membuka film anime one piece.

  2. Membuat Cuplikan Video Menggunakan Media Player Classic

  3. Pada saat video sedang diputar dalam media player classic, Anda masuk ke file dengan cara "File" dan pilih "Save Thumbnails" untuk membuat cuplikan video yang sedang diputar tersebut.

  4. Membuat Cuplikan Video Menggunakan Media Player Classic

  5. Maka akan muncul tampilan untuk menyimpan hasil cuplikannya, pilih drive serta folder dimana Anda akan menyimpan gambar cuplikan atau thumbnails tersebut. Untuk kualitas gambar Anda bisa menyesuaikannya pada Quality dengan memasukan 100% untuk kualitas paling bagus. Untuk ukuran gambar bisa disesuaikan pada Image Width dengan memasaukan angka dalam pixel.

  6. Membuat Cuplikan Video Menggunakan Media Player Classic

  7. Sesuaikan juga Rows untuk seberapa banyak baris cuplikan pada satu gambar pada contoh 4 baris, dan Columns untuk seberapa banyak kolom cuplikan pada satu gambar hasil cuplikan tersebut pada contoh 4 kolom. Anda juga bisa menyesuaikan sesuai tutorial yang saya berikan dan apabila sudah maka klik "Save" untuk menyimpan gambar hasil cuplikan dari video tersebut.
  8. Jika proses pembuatan thumbnails selesai maka akan ada tampilan seperti pada kotak yang berwarna merah pada gambar tutorial dibawah, itu adalah proses penyimpanan (saving) file gambar thumbnails video tersebut. Kemudian Anda sudah bisa keluar dari video apabila memang tidak ingin menontonnya dengan cara keluar dari aplikasi Media Player Classic Home Cinema tersebut.

  9. Membuat Cuplikan Video Menggunakan Media Player Classic

  10. Maka Anda sudah bisa melihat hasil thumbnails tadi yang sudah disimpan sesuai drive dan folder yang Anda tentukan. Maka hasilnya bisa Anda lihat gambar dibawah ini yang merupakan thumbnails atau ciplikan dari video yang saya coba pada contoh. Nah untuk "Rows" dan Columns" bisa dilihat pada gambar. Rows yang artinya baris (warna biru pada gambar) dan Columns adalah kolom (warna merah pada gambar).

  11. Hasil Cuplikan Video Menggunakan Media Player Classic

Begitulah cara pembuatan thumbnails (cuplikan) video dengan menggunakan aplikasi Media Player Classic Home Cinema. Mudah apabila Anda sudah tahu dan selesai sudah ilmu yang saya bagikan ini semoga bermanfaat bagi Anda para pembaca blog ini, amin. Jangan lupa ikuti terus perkembangan blog ini yang insya allah akan ada banyak manfaat lainnya lagi.

Related Posts:

0 komentar:

Post a Comment

Beri komentar dengan menggunakan Bahasa yang Baik dan Sopan!
Didalam komentar dilarang mencantumkan link hidup dan apabila Anda melakukannya maka Admin berhak menghapusnya.

Powered by Blogger.